Senin, 12 Agustus 2013

Apa itu Neraka Hawiyah?


Allah swt berfirman di dalam surat Al Qariah ayat 10-11
!$tBur y71 درu÷Šr& $tB ÷muÏd ÇÊÉÈ î$tR ر8puŠÏB%tn ÇÊÊÈ


"tahukah kamu Apakah neraka Hawiyah itu? (yaitu) api yang sangat panas".

Hawiyah artinya adalah neraka yang paling panas dan merupakan neraka yang paling bawah dan paling  mengerikan ada juga yang mengartikan "Hawiyah" adalah jurang yang paling dalam yang mana orang-orang munafik bersemayam selama-lamanya.

Adapun tingkatan neraka dari yang panas sampai yang paling panas adalah sebagai berikut:


1. Neraka Jahanam, Jahannam
“… Demi Neraka jahanam di datangkan untuk semua orang walaupun hanya mampir dalam 1 hari.” (duh .. berarti setiap orang bakal mampir ..)
Neraka paling "ringan", tingkat yang atas sekali tempat umat Muhammad  yang melakukan dosa kecil maupun besar.

2. Neraka Ladhoh, Luza
Lazha berarti api yang bergejolak karena mampu melepaskan kulit kepada. Tingkat kedua yaitu tempat orang yang tidak mau bertauhid dan mendustakan ajaran Nabi Muhammad saw.  “Sebab itu Kami beri kabar pertakut kamu dengan Neraka Luza (neraka yang menyala-nyala). Tiada yang masuk kedalamnya selain orang yang celaka. Yaitu orang yang mendustakan agama dan berpaling dari pada-Nya.” (Q.S. Al-Lail: 14-16)

3. Neraka Saqar
Saqar berarti burung elang, karena ia memakan daging bukan tulang. 

4. Neraka Khutamah, Hathamah
 “… Tahukah engkau apakah Hathamah itu? (Yaitu) api (yang disediakan Allah) yang dinyalakan" (Al-Humazah: 5-6). Api itu membakar mulai dari telapak kaki sampai ke hati. Ia juga melontarkan bunga api sebesar istana.

5. Neraka Jahim 
Tingkat ke-lima yaitu neraka jahim. Jahim berarti yang selalu menyala-nyala karena onggokan-onggokan baranya sedemikian besar. Konon satu onggok saja besarnya sebesar dunia.

6. Neraka Sa'ir
Disebut Sa'ir berarti yang membakar, karena selalu membakar para penghuninya. Sejak diciptakan ia tidak pernah padam. Didalamnya ada tiga ratus istana, di tiap istana ada tiga ratus rumah, dan pada tiap rumah terdapat tiga ratus macam siksa berupa ular, kalajengking, rantai, dsb.

7. Neraka Hawiyah, Hawiyah.
Inilah neraka paling bawah, paling mengerikan. Hawiyah berarti jurang yang dalam. Barang siapa yang masuk ke jurang ini, selama-lamanya tidak akan kembali. Dalam neraka ini terdapat sumur hab-hab atau sumur yang menyala-nyala. Konon, jika pintu sumur dibuka, akan keluar api dimana neraka sendiri memohon perlindungan Allah dari panasnya api. Disinilah kaum munafik ditempatkan.
Sudah tidak ada yang lebih panas lagi selain Haawiyah. Jadi api yang kita nyalakan didunia itu, dikatakan di dalam hadits adalah; Api yang dinyalakan didunia itu adalah serpihan dari api neraka yang dibagi seratus, lalu bagian tersebut dicelupkan ke dalam laut selama 40 tahun , lalu diangkat maka jadilah api dunia. 
Dan kalau azab di neraka manusia tidak mati, tetapi hidup. Selama-selamanya tidak mati. Dan di dalam neraka semakin lama semakin panas tidak ada neraka semakin ringan.
Wallahu A'lam Bishawab
Sumber: Al-Qurthubi, Imam. 2004. Rahasia Kematian, Alam Akhirat, dan Kiamat. Alih Bahasa. Penerbit Akbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar