Kamis, 15 Agustus 2013

SORGA ITU INDAH

Sorga atau Jannah adalah tempat yang dijanjikan oleh Allah swt bagi orang-orang yang bertaqwa, sorga merupakan balasan kebaikan dan pahala yang agung Ia merupakan kenikmatan yang sempurna tanpa kekurangan sedikitpun, kenikmatan yang banyak , kenikmatan yang hakiki selamanya penuh kenikmatan dan keindahan tiada berakhir sepanjang masa dan belum pernah dilihat oleh mata, belum terbayangkan oleh akal dan perasaan manusia. 

Allah swt berfirman di dalam Hadits Qudsi " Aku persiapkan untuk hamba-hambaku yang sholih sesuatu (sorga) yang belum dilihat oleh mata, belum didengar oleh telinga, dan belum terlintas oleh hati/pikiran manusia".

Lalu Rasulullah membaca ayat 17 dari surat As Sajdah:
Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan. 

Dari keterangan Hadits dan ayat di atas Sorga adalah suatu tempat yang belum pernah satupun orang yang pernah mendatanginya ataupun melihat dan mendengarnya, karena Sorga adalah suatu hal yang ghoib yang hanya akan dinikmati di akhirat nanti, diakhir kehidupan di dunia ini setelah kehancuran dunia dan jagad raya beserta isinya. Namun demikian Rasulullah saw telah memberikan beberapa gambaran tentang kenikmatan-kenikmatan yang ada di dalam Sorga. Pada suatu hari Rasulullah saw bersabda kepada para sahabatnya " Tidakkah kalian bersungguh-sungguh meraih Sorga? sesungguhnya Sorga tidak terbayangkan keindahannya demi Allah Sorga adalah cahaya yang cemerlang, pohon-pohon yang indah dan wangi yang meliuk-liuk, istana yang tinggi, sungai yang mengalir, buah-buahan yang ranum, istri yang sangat molek dan cantik, pakaian indah, kekal selamanya, hidup penuh dengan kelapangan dan selalu berseri-seri, berada di tingkat yang tinggi......" (Sunan Ibnu Majah dan shohih Ibnu Hibn).
Diantara kenikmatan-kenikmatan yang terdapat di dalam Sorga adalah;
  1. Telaga Al Kautsar yang berarti kenikmatan yang banyak yang airnya dapat diminum, berwarna putih bahkan lebih putih dari susu dan rasanya lebih manis dari madu. Allah swt berfirman di dalam surat Al Kautsar : 1
    إِنَّا  أَعْطَيْنَا كَ الْكَو ثَرَ
    "Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak (telaga Al kautsar)".

    Di dalam sebuah riwayat dari Anas bin Malik disebutkan " Al Kautsar adalah telaga yg Allah berikan kepada Rasulullah saw di Sorga. Tanahnya adalah minyak kesturi, warna airnya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu didatngi oleh burung-burung yg lehernya seperti burung onta".
  2. Mata air yang mengalir. Allah swt berfirman:
    فِيهِمَا عَينا نِ تَجْرِ يا ن
    " Di dalam sorga itu ada dua buah mata air yang mengalir". QS Ar Rahman : 50
  3. Buah-buahan, Allah swt berfirman; QS Ar Rahman : 67" Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima".

    Allah swt berfirman : QS An Naba : 31-32
    " Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapat kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur".
    Diisyaratkan di kedua ayat tersebut bahwa di dalam Sorga terdapat buah-buahan seperti kurma, delima dan anggur namun demikian bukan berarti buah tersebut sama persis bentuk dan warnanya  dengan yang terdapat di dunia bisa jadi bentuk, warna dan rasanya mirip dengan buah-buahan yang disebutkan di kedua ayat tersebut bahkan lebih nikmat. 
  4. Pintu-pintu Sorga, dari Sahl bin Sa'ad sesungguhnya Rasulullah saw bersabda " Di dalam sorga ada delapan pintu, diantaranya adalah pintu Royyan, pintu yang khusus dimasuki oleh orang-orang yang biasa berpuasa" (HR Bukhori).
  5. Istana, rumah/kemah
    Allah swt berfirman didalam surat Ar Rahman : 72
حُو رٌ مّقصُو رَ تٌ في ا لخيا م
"yang jelita, putih bersih, dipingit dalam al khiyam (kemah/rumah)"

Kenapa kenikmatan akhirat jauh lebih baik dari kenikmatan dunia?
1. Kenikmatan dunia itu sangat sedikit
Katakanlah : " Kesenangan di dunia ini hanya sedikit/sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yg bertaqwa, dan kamu tidak akan dianiaya sedikitpun".
2. Kenikmatan di Sorga -meskipun namanya sama dengan dg di dunia- hakekatnya jauh lebih baik dari kenikmatan dunia.
3. Kenikmatan di Sorga tidak membawa dampak yang jelek atau buruk sebagaimana kenikmatan di dunia.
4. Kenikmatan akhirat kekal selamanya.
5. Mencari kenikmatan dunia dan melupakan akhirat akan berakhir dengan penyesalan dan masuk neraka

Dan masih banyak lagi kenikmatan di sorga yang diperuntukkan bagi mereka hamba-hambanya yang sholeh.

3 komentar:

  1. Masya Allah laa haula wa laa quwwata illa billaahi, allohumma inni as-alukal jannata wa a'udzubika minan naar. Semoga kita semua dimasukkan ke dalam surga-Nya yang penuh dengan kenikmatan. aamiin ...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus